Tuesday, January 15, 2019

Penjelasan Tim Dokter Terkait Kondisi Wanita Berbobot 220 Kg Pasca Operasi Selama 1 Jam 15 Menit

Pelaksanaan operasi pengecilan lambung atau Bariatrik terhadap Titi Wati wanita berbobot 220 kilogram dilakukan oleh tim dokter ahli dari Bali dan Kalteng yang jumlahnya mencapai sepuluh orang, Selasa (15/1/2019).


Ketua tim dokter dr I Gede Eka Rusdi Antara, mengatakan, pelaksanaan operasi berlangsung dengan baik dan lancar selama sekitar satu jam lima belas menit.

Dokter spesialis bedah konsultan Digestif, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Udayana Bali ini, mengatakan, sebenarnya tidak ada kendala yang berarti, hanya saja lemak dari pasien cukup tebal sehingga yang dicari bagian lemak yang paling tipis setebal 15 centimeter.

"Setelah dilakukan operasi pertama iniz kami akan kembali melakukan operasi tahap kedua setelah adanya penyusutan berat badan berkisar antara 50-60 kilogram, sekitar enam sampai delapan bulan kedepan." Setelah dilakukan operasi ini makanan pasien akan diatur untuk menurunkan berat badanya," ujarnya.

Lebih jauh dia mengatakan, biasanya paska operasi yang dilakukam hari ini akan terjadi penyusutan berat badan pasien yang berkisar antara 15 kg sampai 25 kg.

"Ini akan dipantau terus hingga saatnya pasien dilakukan operasi lanjutan untuk tahap dua nanti, sehingga volume makanan diatur termask jenis makanannya yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien," ujarnya.(banjarmasinpost.co.id /Faturahman)

sumber

No comments:

Post a Comment